Scroll untuk baca artikel
Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan Live DMTV Malang
BENER MERIAHPemerintah

Pj. Bupati Haili Yoga, M.Si : Institute Katahati terus damping dan rangsang potensi komoditi unggul di Bener Meriah

27
×

Pj. Bupati Haili Yoga, M.Si : Institute Katahati terus damping dan rangsang potensi komoditi unggul di Bener Meriah

Sebarkan artikel ini

0:00

satupena.co.id: Pj. Bupati Drs. Haili Yoga, M.Si mengharapkan Institute Katahati bisa terus memberikan pendampingan dan merangsang potensi komoditi unggulan yang ada di Kabuapten Bener Meriah, sehingga icon komoditi unggulan bisa terus di kembangkan secara menyeluruh.

Hal tersebut disampaikan orang nomor satu di Kabupaten penghasil kopi terbaik dunia itu dalam sebuah pertemuan yang menghadirkan Sekretaris Pertama Bidang Politik dan Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Canada, Mr. Stuart Shaw di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Kamis, (01/02/2024)

Dalam kesempatan itu, Haili Yoga juga menyampaikan terimaksih kepada Institute Katahati yang selama ini telah memberdayakan kaum hawa di kabupaten yang di pimpinya tersebut, terkhusunya para kaum perempuan yang ada di Kampung Samar Kilang. “Kami sangat berterima kasih kepada Katahati yang telah berdayakan kaum hawa selama kurun waktu 2 tahun ini di Kampung Samar Kilang. Berkat Katahati, komoditi Janeng dan Aren Samar Kilang bisa kita tunjukkan dalam kancah Nasional pada pameran UMKM di Provinsi Bali beberapa waktu lalu,”paparnya.

Baca juga Artikel ini :   Masyarakat Kampung Mekar Jadi Ayu, Siap Menggunakan Hak Pilih dan Mendukung Pelaksanaan Pemilu Tahun 2024

Pj. Bupati Kabupaten Bener Meriah itu berkeyakinan bahwa pertemuan yang di fasilitasi oleh Institute Katahati saat itu menjadi langkah awal guna memajukan Dataran Tinggi Gayo di masa depat. “Saya yakin, melalui Janeng dan Aren yang berasal dari Bener Meriah, serta Serat Nenas sebagai varian baru kerajinan lokal di Pegasing Aceh Tengah tersebut bisa menjadi langkah baru untuk kemajuan dataran tinggi Gayo di masa mendatang,”paparnya saat itu di depan Sekretaris Pertama Bidang Politik dan Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Canada.

Diakhir sambutannya, Pj. Bupati kolaborasi yang telah terjalin dengan baik antara Pemkab Bener Meriah Institute Katahati sejak tahun 2020 lalu terus dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Dirinya juga berharap Institute Katahati bisa terus mengexplore lebih luas potensi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) di Bener Meriah, “Pprogram ini hendaknya terus berlanjut dan icon komoditi unggulan di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah bisa kita kembangkan untuk peningkatan pendapatan masyarakat”, demikian tutup Drs. Haili Yoga, M.Si.

Baca juga Artikel ini :   Sejumlah Unit DWP Bener Meriah Terima Penghargaan Dari Pemkab Bener Meriah

Sementara itu, Sekretaris Pertama Bidang Politik dan Hubungan Masyarakat Kedutaan Besar Canada, Mr. Stuart Shaw menyampaikan kepuasannya atas kerjasama yang dijalin selama ini dengan pihak Institute Katahati dalam memberdayakan perempuan di Kampung Samar Kilang, Kebupaten Bener Meriah. Katanya lagi, tujuan kerjasama pihak Kedubes Canada yang dibangun dengan Institute Katahati selama ini sejalan dengan program prioritas Internasional untuk memberdayakan masyarakat yang bermukim di kawasan pinggiran hutan. “Saya dan rekan-rekan sangat senang bisa bertemu dan bekerjasama dengan Katahati, dan ini tahun ke-2 kami bekerjasama untuk berdayakan kaum perempuan di tanah Aceh. Untuk itu, saya ucapkan terima kasih kepada Direktur Eksekutif Katahati atas dedikasi yang memuaskan. Kami harap pemanfaatan komoditi Serat Nenas ini juga nantinya akan memuaskan seperti yang sebelumnya (Janeng dan Aren)”, Ucapnya dengan mendiktekan teks berbahasa Indonesia pada kesempatan tersebut,”kata Mr. Stuart Shaw.
Sedangkan Wali Nanggroe Aceh, Tgk. Malik Mahmud Al-Haytar yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menyampaikan kekagumannya terhadap hasil dari komoditas yang berpotensi bisa mendongkrak perekonomian masyarakat setempat.

Baca juga Artikel ini :   Terima Penghargaan Predikat Akreditasi Paripurna, Pj. Bupati : Terus Bersinergi Dalam Memberikan Pelayanan Terbaik

tampak hadir dalam acara Peluncuran Sentra Usaha dan Pusat Pengetahuan Serat Nenas Pegasing tersebut Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Rio Wardhanu, Direktur PT. PEMA, Ali Mulyagusdin, SE, MBA, Ak., CA, dan Direktur Eksekutif Institute Katahati, Raihal Fajri,CO-Founder Pratisara Bumi Foundation, Irma Astrid Patricia Sitompul, Anggota Koperasi Perempuan Gayo Sejahtera Samar Kilang Bener Meriah dan Kelompok Perempuan Keriga Pegasing, Aceh Tengah tersebut dilanjutkan dengan pameran Janeng dan Aren Produk Perempuan Samar Kilang dan peninjauan hasil kerajinan yang berbahan Serat Nenas Pegasing. ( Icuk )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *