Scroll untuk baca artikel
Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan Live DMTV Malang
BIREUEN

Sidang Perdana Perkara Pidana Pemilu, Dengan Terdakwa 2 Caleq dan 1 kepala Desa.

40
×

Sidang Perdana Perkara Pidana Pemilu, Dengan Terdakwa 2 Caleq dan 1 kepala Desa.

Sebarkan artikel ini

0:00

 

Bireuen,satupena.co.id – Sidang perdana perkara Pidana Pemilu dengan 3 (tiga) terdakwa yaitu CA, M dan F dilaksanakan di Pengadilan Negeri Bireuen Jl. Medan – Banda Aceh, Geulanggang Baro, Kota Juang Kabupaten Bireuen.Kamis 22 Februari 2024

Jaksa Penuntut Umum Kejari Bireuen pada sidang perdana tersebut membacakan dakwaan terhadap ketiga terdakwa dan ketiga terdakwa tidak keberatan atas dakwaan Penuntut Umum.

Bahwa terhadap Terdakwa CA didakwa telah melanggar Pasal 523 ayat (1) atau Pasal 493 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Baca juga Artikel ini :   Drag Bike 2024, diselenggarakan di sirkuit jalan elak diikuti 400 Peserta dari Daerah di Aceh

Terdakwa M didakwa telah melanggar Pasal 523 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

dan Terdakwa F didakwa telah melanggar Pasal 490 UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Selanjutnya Jaksa Penuntut Umum menghadirkan 7 (tujuh) orang saksi untuk membuktikan dakwaanya dan dengan saksi tersebut dapat meyakinan Hakim untuk memutuskan perkara dengan seadil-adilnya.

Adapun barang bukti yang dihadirkan Penuntut Umum di depan persidangan masing-masing berupa 2 (dua) unit rice cooker (penanak nasi), 2 (dua) lembar stiker caleg, 6 (enam) lembar kartu nama caleg, 1 (satu) lembar contoh surat suara DPR RI dan 1 (satu) eksemplar buku yasin yang bersampulkan foto caleg.

Baca juga Artikel ini :   Kapolres Bireuen dan Rombongan Bezuk Petugas PPG Pemilu Pasca Alami Kecelakaan

Bahwa perbuatan Terdakwa CA dan F pada tanggal 21 Desember 2023 bertempat di Poskesdes Desa Paya Aboe Kec. Peusangan Kab. Bireuen dalam kampanye membagikan rice cooker (penanak nasi) disertai dengan stiker caleg dan buku yasin yang bersampulkan foto caleg kepada masyarakat kemudian mengarahkan dan mengajak masyarakat untuk memilih caleg tersebut.

Baca juga Artikel ini :   Kapolres Bireuen Sambangi SMAN 1, Ajak Siswa - Siswi Tidak Terjerumus Kenakalan Remaja

Bahwa perbuatan terdakwa M pada tanggal 21 Desember 2023 bertempat di Rumah Terdakwa yang beralamat di Desa Cot Tufah Kec. Gandapura Kab. Bireuen dalam kampanye membagikan rice cooker (penanak nasi) disertai dengan stiker caleg dan buku yasin yang bersampulkan foto caleg kepada masyarakat kemudian mengarahkan dan mengajak masyarakat untuk memilih caleg tersebut.

Sidang berjalan mulai dari Pukul 11.00 WIB s.d 21.00 WIB.

Persidangan selanjutnya ditunda pada hari Jumat 23 Februari 2024 dengan agenda pembacaan Tuntutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *