Scroll untuk baca artikel
Ketuk Play Untuk Melihat Tayangan Live DMTV Malang
JAKARTATNI Polri

Puncak Peringatan HUT Ke-63 Kostrad di Beach City International Stadium Ancol

28
×

Puncak Peringatan HUT Ke-63 Kostrad di Beach City International Stadium Ancol

Sebarkan artikel ini

0:00

satupena.co.id: Panglima Kostrad (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa memimpin syukuran peringatan HUT Ke-63 Kostrad tahun 2024, bertempat di Beach City international Stadium Ancol. Jakarta Utara. Rabu (6/3/2024).

Kegiatan diawali dengan pemutaran video profile Kostrad, video transformasi Kostrad dilanjutkan dengan penghormatan dari Pangkostrad dan prajurit Kostrad kepada sesepuh Kostrad yang hadir pada acara ini.

Dalam sambutannya, Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Muhammad Saleh Mustafa mengucapkan terima kasih kepada Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc dan sesepuh Kostrad atas berbagai dukungan dan motivasi yang diberikan untuk Prajurit Kostrad, dimana di umur yang tidak muda lagi beliau masih bisa memberikan saran yang terbaik untuk kemajuan satuan Kostrad.

Pada HUT ke-63 Kostrad tahun 2024, Kami mengusung tema “Petarung Militan Penjaga Kedaulatan NKRI”. Merupakan komitmen Kostrad dalam mewujudkan sikap dan kesiapan prajurit Kostrad untuk siap menyongsong tantangan tugas kedepan dengan melanjutkan nilai-nilai luhur pejuang yang telah diwariskan para pendahulu Kostrad.

Oleh karena itu, Kostrad telah melakukan Transformasi untuk menjadikan satuan Kostrad yang Profesional, Responsif, Integratif, Modern dan Adaptif, juga menjadikan prajurit Kostrad yang tangguh dan militan untuk menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI.

Dalam Transformasi Kostrad menjadi satuan yang profesional. “Saya mewakili prajurit Kostrad mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panglima TNI yang telah menyiapkan prajurit Kostrad melalui program well paid, well train, well equip dan well organize, juga kepada Bapak Kasad yang telah memberikan dukungan dan perhatian yang penuh kepada prajurit Kostrad, baik dalam aspek alutsista, perlengkapan dan kesejahteraan prajurit,’ ujar Pangkostrad.

Baca juga Artikel ini :   Rakornas PMB, Wujudkan Indonesia Maju dan Bermaslahat

“Selain itu, dalam mendukung program pemerintah mengatasi kesulitan masyarakat, atas perintah Panglima TNI dan Bapak Kasad, Kostrad telah mendarmabaktikan dan mewujudkannya dalam tiga program unggulan, yaitu pelestarian hutan dan penghijauan, TNI Manunggal Air serta program bakti sosial,” lanjut Pangkostrad.

“Yang juga tidak kalah pentingnya kami prajurit Kostrad mengucapkan terima kasih, kepada para sesepuh Kostrad atas suri tauladan yang menjadikan prajurit Kostrad untuk selalu berbuat yang terbaik, berani, tulus dan Ikhlas,” tambah Pangkostrad.

Kepada para prajurit, bahwa modal utama sebagai prajurit Kostrad sesuai dengan warisan para senior-senior dan para sesepuh Kostrad, kami bertekad mewujudkan prajurit Kostrad yang disiplin, jago perang, jago tembak, jago beladiri, dan fisik yang prima, siap bertugas dimanapun, kapanpun dan pada saat bagaimanapun Kostrad hadir untuk bangsa dan negara.

Jenderal TNI (Purn.) Wiranto mewakili sesepuh, menyampaikan, bahwa Jenderal TNI (Purn.) Wiranto mewakili sesepuh, menyampaikan, bahwa
“Saya bersama para sesepuh Pangkostrad di masa lalu merasa sangat terharu dan bangga, karena walau sudah menjadi mantan tapi tetap dapat perhatian dan penghormatan dari prajurit Kostrad,” ujarnya.

Selain itu, dengan melihat tayangan sejarah Kostrad saya bangga karena Kostrad selalu berhasil dalam melaksanakan tugas operasi menjaga kedaulatan Indonesia baik di dalam maupun luar negeri.

Selamat Ulang Tahun Ke-63 Kostrad,
Angka 6+3 adalah 9, dimana angka sembilan itu mendekati dengan kesempurnaan. Maka dari itu di usia ke-63 tahun ini Kostrad diharapkan mendekati kesempurnaan dengan dibekali dengan kemampuan tempur dan juga Alutsista yang selalu diperbaharui.

Baca juga Artikel ini :   Kodim 0102/Pidie Gelar Tes Kesegaran Jasmani Periodik I 2024 dan UKP

Acara puncak dalam kegiatan ini adalah dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh perwakilan sesepuh Jenderal TNI (Purn.) Wiranto yang diserahkan kepada Pangkostrad, pemotongan tumpeng oleh Panglima TNI yang diserahkan kepada Perwira terbaik Kostrad Kapten Inf Anggika Pradana Septian Riva, S.T.Han, Pasiintel Yonif 502/UY/18/2 Kostrad mendapatkan 1 PCK Pelontar GLM, 1 PCK AR Soar, 1 PCK Pistol FN, 1 BH Senapan Angin Bold, 11 BH Magazen Laras panjang, 3 BH Magazen Laras pandek, 4 BH Teleskop Senjata, munisi 7.62 X 45 MM 34 butir, munisi 5.56 MM 311 butir, munisi GLM 1 butir, munisi senapan angin 1000 butir, munisi 4.5 MM 4 butir, munisi US karaben 21 butir, 1 teropong, 5 HT Alinco, Baofeng, weierwei, dan Icom serta uang Rp 620.000 pada saat Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif 514/9/2 Kostrad dan pemotongan tumpeng KASAD diserahkan kepada Bintara terbaik Kostrad Serka Imam Ahmad S., Batontaipur-1/A Yon Satria Sandi Yudha Kostrad pada saat Satgas BGC TNI Konga XXXIX – D MONUSCO Kongo berhasil menurunkan 9 orang milisi kelompok Rai Mutomboki Mabala termasuk tokoh utama pimpinan Jenderal Jastin Mabala beserta peralatan perangnya 12 PCK Senjata AK 47, 1 PCK senjata PKM 7.62 MM, 15 magazen, 607 butir munisi kal 7.62 MM pada tanggal 10 Mei 2022 di Desa Nyalubemba Democratic Republic of The Kongo.

Melalui Video Conference, Pangkostrad juga berkesempatan menyapa Prajurit Kostrad yang tergabung dalam Satgas Konga XXIII-R Unifil Lebanon, Satgas Kosektor di Papua dan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Armed 10 di perbatasan kalimantan dan acara foto bersama serta ramah tamah dengan menyaksikan penampilan tarian prajurit dan Persit Kostrad, Cakra Band dan dimeriahkan artis Ibu kota Rosa, Dara, Komika Mongol dan Band Wali serta pengundian ratusan doorprize.

Baca juga Artikel ini :   Polres Bener Meriah Laksanakan Kegiatan Penyuluhan Hukum

Untuk diinformasikan, Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-63 Kostrad, telah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, di antaranya berbagai perlombaan, olahraga bersama, karya bakti pembersihan tempat ibadah dan fasilitas umum, merefleksikan RTLH veteran/purnawirawan, serta kegiatan bakti sosial yang dibagikan berupa donor darah, pembagian sembako, pengobatan massal, ziarah TMP Kali Bata, doa bersama dan diakhiri dengan acara Syukuran.

Acara syukuran ini dihadiri para Pejabat Pangkostrad dan Kaskostrad di masanya, antara lain Letjen TNI (Purn) Tarub, Jenderal TNI (Purn) Wiranto, Letjen TNI (Purn) Sugiono, Letjen TNI (Purn) Bibit Waluyo,Letjen TNI (Purn) Erwin Sudjono beserta Ibu, Letjen TNI (Purn) Burhanudin Amin beserta Ibu, Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo, Jenderal TNI (Purn) Mulyono, Letjen TNI (Purn) Agus Kriswanto beserta Ibu, Letjen TNI (Purn) Besar Harto Karyawan beserta Ibu, Letjen TNI Eko Margiyono beserta Ibu, Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dan Kepala Staf Kostrad (Kaskostrad), Mayjen TNI Farid Makruf, M.A. Irkostrad Mayjen TNI Mochamad Reza Utama, Pangdivif 1, 2 dan 3 Kostrad, Wair Kostrad, Kapoksahli Pangkostrad, Asren Kostrad, para Asisten Kaskostrad, Para Kabalak Kostrad , serta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad serta Wakil Ketua dan para pengurus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *